Kerajinan Bahan Keras #1

Selasa, 25 April 2017

Pengertian Kerajinan Bahan Keras 

Kerajinan merupakan budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Diantara sejumlah kerajinan nusantara, ada kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, tetapi ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar.

 Seperti yang sudah dipelajari pada pembahasan sebelumnya, bahwa produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Produk kerajinan dari bahan keras adalah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu bahan keras alami adalah bahan yang diperoleh dilingkungan sekitar kita dan kondisi fisiknya keras, seperti kayu, bambu, batu, rotan dan lain-lain sedangkan bahan keras buatan adalah bahan-bahan yang diolah menjadi keras sehingga dapat digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti berbagai jenis logam, fiberglass dan lain-lain.




 Fungsi dari produk kerajinan dari bahan keras benda pakai, benda hias, kerajinan dari produk kerajinan bahan keras memiliki dua unsur yaitu unsur estetika dan ergonomis sentuhan-sentuhan estestik sngat penting untuk mewujudkan karya kerajinan atraktif dan bernilai ekonomis. Karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis serta mengembangkan produk-produk kerajian dari bahan keras yang ada di daerah dan diwilayah nusantara. Setiap motif dan ragam hias mempunyai nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolyang penuh perlambangan dan juga nasihat.
Ada beberapa teknik pembuatan produk kerajinan dari bahan keras antara lain Teknik cor ( cetak tuang) contohnya teknik tuang berulang dan teknik tuang sekali pakai (a cire perdue), Teknik esta , Teknik ukir, Teknik ukir tekan, Teknik bubut, Teknik anyam. Perawatan kerajinan dari bahan keras memerlukan perawatan yang baik dan benar, disesuaikan dengan karakteristik bahan dasarnya.
Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual dan di pakai. Wadah atau pembungkusan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusaka, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan,benturan, getaran).

sumber:  http://usaha321.blogspot.co.id/2016/08/pengertian-produk-kerajinan-dari-bahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS